Selasa, 16 Desember 2008

Historical Timeline of Ho Wuan Siang 5)

Penggulingan Trah Telentium oleh Klan Urand
Waktu: Tahun Sang Pencipta 452 (7 Tahun Setelah runtuhnya Clem)
Penguasa wilayah tengah, keturunan saudagar sahabat Raja Pertama Dinasti Clem, akhirnya ditumbangkan oleh Jendral dari Klan Saudagar yang terkemuka, bernama Bargamirn Daina Urand. Ia mendirikan sebuah Kerajaan yang ia beri nama Telentium, atas nama lahan yang kaya akan logam-logam berharga yang sekarang ia perintah. Memperkuat dirinya, mereka menyerang ke segala arah, mengalahkan dan menguasai banyak wilayah milik Suku Selatan, Semenanjung Selatan, bahkan merangsek ke Utara. Kekuasaan mereka yang begitu besar menantang Kerajaan Aestheria, sehingga untuk kompromi kedua Kerajaan Besar ini melahirkan Kerajaan Harmonia. Tapi semua hal ini tidak akan terjadi sebelum Kerajaan Mauro menyerbu Zirconia.

Pembagian Tiga Tanaman Suci – Lahirnya Kerajaan Harmonia.
Waktu: Tahun Sang Pencipta: 463 (18 Tahun Setelah Clem Runtuh)

Untuk menjelaskan kepentingan politik di balik pembentukan Kerajaan Harmonia oleh pihak-pihak yang berkuasa saat itu, kita perlu memahami mengenai sejarah Tiga Tanaman Suci sendiri. Menurut Sejarah Kerajaan Clem, Tanaman Kopi, Teh, dan Kakao/Coklat, adalah tanaman yang diturunkan dari benih-benih di tangan Dewa Bermata Tiga sendiri.

Tetapi pada kenyataannya, bahkan sebelum Kerajaan Clem terbentuk, ketiga Tanaman ini telah menjadi komoditi yang paling dicari karena kenikmatannya yang elegan. Tiga Tanaman ini begitu langka karena mereka hanya bisa tumbuh di sebuah dataran tinggi dengan galur tanah aluvial di sepanjang sungai Harmoni. Dapat diolah menjadi minuman, makanan, pencita-rasa, bahkan obat-obatan. Dipakai juga dalam semua acara resmi, ritual, bahkan memiliki nilai kultus dan spiritual yang kental, Tiga Tanaman ini dihargai setara dengan emas dan perak, apalagi ketika Kerajaan Clem menyebarkan budaya menggunakan Tanaman ini sebagai pertanda kelas sosial, serta wajib dalam pelaksanaan ritual di manapun di dunia. Mampu menghadirkan ketenangan dan konsentrasi, kebangunan serta kenikmatan tiada tara, Tiga Tanaman Suci ini begitu populer, telah sering mampu menghindarkan banyak peperangan di muka bumi, dan dicandui siapa saja.

Barangsiapa mampu menguasai tanah penghasil Tiga Tanaman ini, maka dialah Kerajaan Terkuat dan Terkaya di dunia. Maka ketika Kerajaan Mauro telah menguasai Zirconia, Telentium dan Aestheria telah bangkit dan sadar akan ancaman kekuasaan Mauro, maka Kekuatan Ketiga Kerajaan ini otomatis bertemu di tengah-tengah benua.

Sadar bahwa perang antar ketiga kekuatan ini akan berakibat kehancuran wilayah penghasil Tiga Tanaman tanpa bisa kembali, selain tidak menginginkan adanya pihak-pihak lain yang bisa menguasainya, maka Kerajaan Telentium dan Aestheria bersepakat membentuk sebuah negara mandiri yang bisa menjamin kepentingan semua pihak. Sebuah negara yang jika diserbu kerajaan manapun, akan dibantu oleh pihak-pihak lainnya. Seorang Pangeran dari Kerajaan Aestheria dan Putri dari Kerajaan Telentium menikah dan membentuk Keluarga Kerajaan Harmonia. Ibukota Kerajaan Harmonia saat itu adalah Harmonia Jutena.

Terlambat menyadari apa yang terjadi, Mauro menjadi jerih saat menghadapi dua kekuatan yang menyatu ini. Mereka akhirnya bersedia menanda-tangani perjanjian kuota Tiga Tanaman Suci. Mauro mendapatkan 4 bagian dari setiap sepuluh Tanaman Suci yang dihasilkan, sedangkan Telentium dan Aestheria masing-masing mendapat 2 bagian. Sisanya diperjual-belikan bebas bagi para pedagang, asalkan tidak menjualnya ke Kerajaan Terkutuk Norizo.

Demikian lahirnya Kerajaan Harmonia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar